Monday, May 19, 2014

SEND A PROBLEM

SEND A PROBLEM

      Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran motivasional yang diyakini mampu meningkatkan motivasi maupun hasil belajar siswa karena dalam pembelajarannya berorientasi kepada siswa yang melibatkan siswa secara emosional dan sosial dalam belajar. Dalam pengembangan model pembelajaran kooperatif jumlah anggota dalam kelompok bervariasi mulai dari dua sampai lima orang, karena jumlah kelompok tersebut akan berpengaruh terhadap jalannya proses pembelajaran. Dari segi struktur atau pola kegiatannya pun bervariasi, salah satu bentuk struktur atau pola pembelajaran kooperatif adalah berpasangan berempat.
      Salah satu bentuk model pembelajaran kooperatifdengan pola berpasangan berempat adalah teknik sand-a-problem. Belajar melalui teknik send-a-problem ini mengajak siswa untuk belajar menyelidiki suatu konsep, mereview konsep. Kegiatan inti siswa adalah mencari, mendefinisikan masalah, mendisain hingga mampu mengkomunikasikan dan berinteraksi dengan kelompok lain. Selama fase mencari masalah siswa melakukan kegiatan identifikasi, pemilihan dan memperjelas permasalahan. Selanjutnya siswa diajak untuk mendisain rencana pemecahan dan merespon permasalahan yang ditemui, hingga akhirnya mereka mampu memformulasikan data atau jawaban yang diperolehnya menjadi sebuah informasi dan mengkomunikasikan data tersebut kepada orang lain.
    Dengan teknik send-a-problem siswa dituntut untuk berpikir kritis dan bertindak kreatif serta menggunakan kekuatan pikiran secara menyeluruh dengan membuat pertanyaan untuk temannya, kemudian temannya mencaikan solusi atas pertanyaan yang didapatkannya. Siswa dilibatkan dalam melakukan eksplorasi situasi baru dalam mempertimbangkan dan merespon permasalahan secara kritis, dan menyelesaikan permasalahan secara bijaksana.


           Kelebihan dan kekurangan teknik send a problem
1) Kelebihan teknik send a problem
a)  Membantu siswa untuk memahami skema dasar
b) Siswa dadpat bekerjasama dengan teman sekelompoknya untuk menyelesaikan sebuah masalah
c)  Membantu siswa untuk lebih cermat dan teliti dalam menyelesaikan sebuah masalah
d)  Semua siswa aktif dan terlibat dalam kegiatan pembelajaran
2) Kekurangan teknik send a problem
a)  Memerlukan waktu yang lama untuk siswa dalam mengerjakan soal 
b)  Hanya untuk mata pelajaran tertentu

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...