TEKNIK PEMBELAJARAN SEND A PROBLEM
Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran
motivasional yang diyakini mampu meningkatkan motivasi maupun hasil
belajar siswa karena dalam pembelajarannya berorientasi kepada siswa
yang melibatkan siswa secara emosional dan sosial dalam belajar. Dalam
pengembangan model pembelajaran kooperatif jumlah anggota dalam kelompok
bervariasi mulai dari dua sampai lima orang, karena jumlah kelompok
tersebut akan berpengaruh terhadap jalannya proses pembelajaran. Dari
segi struktur atau pola kegiatannya pun bervariasi, salah satu bentuk
struktur atau pola pembelajaran kooperatif adalah berpasangan berempat.
Salah satu bentuk model pembelajaran kooperatifdengan pola berpasangan berempat adalah teknik sand-a-problem. Belajar melalui teknik send-a-problem ini
mengajak siswa untuk belajar menyelidiki suatu konsep, mereview konsep.
Kegiatan inti siswa adalah mencari, mendefinisikan masalah, mendisain
hingga mampu mengkomunikasikan dan berinteraksi dengan kelompok lain.
Selama fase mencari masalah siswa melakukan kegiatan identifikasi,
pemilihan dan memperjelas permasalahan. Selanjutnya siswa diajak untuk
mendisain rencana pemecahan dan merespon permasalahan yang ditemui,
hingga akhirnya mereka mampu memformulasikan data atau jawaban yang
diperolehnya menjadi sebuah informasi dan mengkomunikasikan data
tersebut kepada orang lain.
Dengan teknik send-a-problem siswa dituntut untuk berpikir
kritis dan bertindak kreatif serta menggunakan kekuatan pikiran secara
menyeluruh dengan membuat pertanyaan untuk temannya, kemudian temannya
mencaikan solusi atas pertanyaan yang didapatkannya. Siswa dilibatkan
dalam melakukan eksplorasi situasi baru dalam mempertimbangkan dan
merespon permasalahan secara kritis, dan menyelesaikan permasalahan
secara bijaksana.
Kelebihan dan kekurangan teknik send a problem
1)
Kelebihan teknik send a problem
a) Membantu siswa untuk
memahami skema dasar
b) Siswa dadpat bekerjasama dengan teman sekelompoknya untuk
menyelesaikan sebuah masalah
c) Membantu siswa untuk
lebih cermat dan teliti dalam menyelesaikan sebuah masalah
d) Semua siswa aktif dan terlibat dalam kegiatan
pembelajaran
2)
Kekurangan teknik send a problem
a) Memerlukan waktu yang lama untuk siswa dalam
mengerjakan soal
b) Hanya
untuk mata pelajaran tertentu
0 komentar:
Post a Comment